Sejarah KKI di Indonesia




Aliran Kushin Ryu pertama-tama dikembangkan di Indonesia oleh orang Jepang bernama Matsuzaki pada tahun 1963. Matsuzaki adalah karateka yang cukup disegani saat itu di Jepang, baru saja menjuarai kejuaraan terbuka di Osaka. Pada saat mendapatkan bea siswa ke Indonesia untuk melakukan penelitian sejarah di Indonesia, usianya baru berumur 22 tahun. Dengan berat hati ia meninggalkan Jepang, ia kesal karena prestasi karatenya terhambat.


Didorong dengan jiwa dan semangat karatedo-nya ia mengembangkan ilmunya kepada para pemuda Indonesia yang mula-mula terbatas di Kota Bandung pada tahun 1967. Matsuzaki yang saat itu menyandang DAN V Karate DO serta DAN V Judo Kodokan, dalam waktu singkat ilmu karatedo yang diajarkan telah menyebar luas keseluruh lapisan masyarakat Para Pelajar, Mahasiswa dari ITB, UNPAD, IKIP, APDN, Anggota ABRI, Pegawai Megeri maupun swasta mengikuti latihan, sehingga dalam waktu beberapa minggu saja siswanya sudah mencapai jumlah sekitar 5000 orang.

Karena aliran karate yang dibawanya adalah aliran Kushin Ryu Karate Do, maka pada saat itu resmilah menjadi suatu perguruan Kushin Ryu M Karate Do Indonesia yang di singkat KKI resmi didirikan pada tanggal 11 April 1967.

Kemudian perguruan KKI juga banyak berkembang di kesatuan ABRI baik angkatan darat maupun angkatan laut. Peranan anggota TNI dalam membina perkembangan KKI di Indonesia sangat membanggakan khususnya di lingkungan Kodam III Siliwangi. Anggota ABRI yang saat itu bertugas di daerah, selalu mengembangkan ilmu bela diri karatedo KKI, diantaranya di Irian Jaya, Sumbawa, Bali, Mataram, Dili – Timtim, Sulawesi, NTT, Jawa Tengah (AKABRI). Hampir seluruh kesatuan yang berada di Jawa Tengah dalam ilmu karate-do kerada di bawah binaan KKI Cabang AKABRI, termasuk angkatan Udara, POM AD, ARMED dan Kaveleri. Hingga saat ini perguruan KKI telah menyebar luas secara nasional




Powered by sondriter Telkomsel BlackBerry®

Ditulis Oleh : Yau Arthur

Artikel Sejarah KKI di Indonesia ini diposting oleh Yau Arthur.
Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel Sejarah KKI di Indonesia ini. Di Posting .
Silahkan Berikan Kritik dan saran Anda Pada Kotak Komentar Di Bawah. Semoga Artikel Sejarah KKI di Indonesia dapat Memberi manfaat untuk Anda

Trima Kasih.
Comments
0 Comments

0 Response to "Sejarah KKI di Indonesia"

Post a Comment

close